Borobudur

borobudur

borobudur

Taman Wisata Borobudur

Borobudur adalah sebuah Candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Monumen ini terdiri atas enam teras berbentuk bujur sangkar yang diatasnya terdapat tiga peralatan melingkar.

Pada dindingnya dihiasi dengan 2.672 panel relief dan aslinya 504 arca Buddha. Candi ini terletak kurang lebih 10 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah Barat surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta.

Candi ini didirikan oleh para penganut Agama Buddha Mahayanasekitar abad ke-8 masehi pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra. Kuil ini adalah yang terbesar di dunia. Sekaligus menjadi salah satu monumen Buddha yang terbesar di dunia.

Menurut bukti-bukti sejarah yang ada, candi Borobudur di tinggalkan pada abad ke-14 seiring melemahnya pengaruh kerajaan Hindu dan Buddha di Jawa serta mulai masuknya pengaruh Islam.

Borobudur mulai di kenal dunia sejak di temukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1814, Pada saat itu dia menjabat sebagai Gubenur Jendral Inggris atau Jawa. Setelah di temukan candi ini telah mengalami serangkaian upaya penyelamatan dan pemugaran.

Proyek pemugaran tersebut di mulai pada tahun 1975 hingga 1982 atas upaya Pemerintah Republik Indonesia dan UNESCO, dan situs bersejarah ini masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia.

Borobudur sampai saat ini masih digunakan sebagai tempat ziarah keagamaan umat Buddah setiap tahunnya. Mereka datang dari seluruh Indonesia dan mancanegara berkumpul di Borobudur untuk memperingati Trisuci Waisak.

Tidak seperti candi lainnya yang dibangun diatas tanah datar, Borobudur dibagun diatas bukit dengan ketinggian 265 m dari permukaan laut dan 15 m di atas dasar danau purba yang telah mengering.

borobudur

Banyak teori yang mencoba untuk menjelaskan nama candi ini. Salah satunya menyatakan bahwa nama ini kemungkinan berasal dari kata Sambharabhudhara yang artinya “gunung”
dimana lereng-lerengnya terletak teras-teras.

Selain itu terdapat beberapa etimologi rakyat lainnya. Misalkan kata Borobudur berasal dari ucapan “para Buddha” yang karena pergesaran bunyi menjadi borobudur.

Candi ini juga terletak dekat dengan dua sungai yaitu Sungai Progo dan Sungai Elo di sebelah timur. Menurut legenda jawa, daerah ini dikenal sebagai dataran Kedu, tempat yang dianggap suci dalam kepercayaan Jawa dan disebut sebagai “Taman Pulau Jawa” karena keindahan alam dan kesuburan tanahnya.

Candi borobudur dapat di jadikan tempat wisata sewaktu liburan, selain bisa menambah wawasan kita dan kita juga dapat melihat kemegahan candi ini beserta keindahan alamnya.

Related posts

Leave a Comment