Candi Prambanan

candi prambanan

candi prambanan

Keindahan Candi Prambanan

Candi Prmabanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini di bangun pada abad ke-9 masehi, candi ini di persembajkan untuk tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai Dewa pencipta, Wisnu sebagai Dewa pemelihara dan Siwa sebagai Dewa pemusnah.

Sebenarnya nama asli kompleks candi ini adalah Siwagrha yang dalam bahasa sansekerta bermakna “Rumah Siwa”. Dimana ruang utamanya terdapat arca Siwa Mahadewa setinggi tiga meter.

Kompleks candi ini terletak di Prambanan, Sleman dan Kecamatan Prambanan, Klaten, kurang lebih 17 kilometer yogyakarta, 50 jikometer barat daya Surakarta dan 120 Kilometer Selatan Semarang.

Letaknya sangat unik, Candi Prambanan terletak di wilayah administrasi desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, sedangkan pintu masuk kompleks Candi Prambanan terletak di wilayah adminstrasi desa Tlogo, Prambanan, Klaten.

Bagian wisata Candi Prambanan terbagi dalam 3 zona, yaitu pelataran jaba (luar), tengahan (tengah) dan njeron (dalam). Pelataran luar ini berbentuk dengan luas 390 m2. Pelataran ini dahulu dikelilingi oleh pagar batu yang kini sudah tinggal reruntuhan.

Di tengah pelataran luar, terdapat pelataran kedua, yaitu pelataran tengah yang berbentuk persegi panjang seluas 222 m2.Pelataran ini terdiri atas empat teras berundak, makin ke dalam makin tinggi.

candi prambanan

Di teras kedua terdapat 60 candi, di teras ketiga terdapat 52 candi, dan di teras keempat, atau teras teratas, terdapat 44 candi. Di teras pertama, yaitu teras yang terbawah, terdapat 68 candi kecil yang berderet berkeliling, terbagi dalam empat baris oleh jalan penghubung antarpintu pelataran.

Di keempat sisinya terdapat gerbang berbentuk gapura paduraksa. Saat ini hanya gapura di sisi selatan yang masih utuh. Di depan masing-masing gerbang pelataran teratas terdapat sepasang candi kecil, berdenah dasar bujur sangkar seluas 1, 5 m2 dengan tinggi 4 m.

Di pelataran dalam terdapat 2 barisan candi yang membujur di arah Utara Selatan. Di barisan barat terdapat 3 buah candi yang menghadap ke timur. Candi yang letaknya paling utara adalah Candi Wisnu, di tengah adalah Candi Syiwa, dan di selatan adalah Candi Brahma.

Jika anda ingin pergi ke tempat ini anda bisa menggunakan alat transportasi yang tersedia seperti kereta api,bus atau kendaraan pribadi.

Related posts

Leave a Comment