Danau Linting

danau linting

danau linting

Keindahan Danau Linting

Danau Linting adalah tempat wisata di Sumatera Utara, terletak di tiga desa yakni Desa Sibunga-Bunga, Desa Gunung Manumpak dan Desa Durian IV Mbelang, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM) Hulu, Kabupaten Deliserdang.

Untuk perjalanan ke Danau Linting, para wisatawan bisa menggunakan angkutan umum dari terminal Amplas Medan dengan biaya sekitar Rp 20.000 per orang.

untuk perjalanan yang di tempuh lebih kurang 70 kilometer dan memakan waktu 2 jam dari medan melalui Delitua dan Patumbak, Deli Serdang. Sepanjang perjalanan menuju Danau Linting wisatwan bisa melihat pemandangan perkebunan kelapa sawit, karet dan kakao.

Akses jalan menuju Danau Linting cukup memprihatinkan karena jalan yang dilalui berbatu dan berlumpur dan lebar jalan hanya dua meter. Hanya beberapa kilometer jalan menuju desa terakhir yang masih beraspal dan mulus.

Setelah memasuki wilayah Desa Sibunga-Bunga, kita akan menemui sebuah plang yang bertuliskan Danau Linting di pinggir jalan. Dari jalan utama menuju Danau Linting perjalanan berbatu yang becek dari aliran air hangat Danau Linting.

Pintu masuk ke Danau Linting dijaga dan pengunbjung di wajibkan membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000 per orang. Ketika memasuki kawasan Danau Linting, wisatawan akan langsung dapat melihat indahnya pemandangan danau dan pepohonan di sekitarnya.

Danau Linting masih belum banyak di kenal oleh wisatawan tetapi keindahan alam Danau Linting layak untuk di nikmati para pecinta keindahan alam.

Danau ini mempunyai luas sekitar satu hektar yang mermpunyai warna hijau toska. Danau ini mempunyai air yang panas dan masih mempunyai aroma belerang. Di tepian danau, terdapat pohon-pohon beringin yang besar dan kecil membuat sekitar danau terasa sejuk dan patut di kunjungi.

danau linting

Hingga saat ini kedalam Danau Linting masih menyimpan misteri. Pernah ada seorang peneliti asing datang dan coba mengukur kedalaman danau dengan cara manual. peneliti tersebut sudah menhabiskan tiga gukung benang sepanjang 100 meter dan belum kunjung menyentuh dasar danau. Masyarakat sekitar menduga, Danau Linting berbentuk seperti sumur yang sangat dalam.

Oleh karena itu pengunjung yang berenang di danau tersebut selalu di himbau untuk tidak berenang ke tengah danau. Jika kita berendam di tepi danau para wisatawan bisa merasakan relaksasi air panas sekitar 30 derajat celcius.

Di sekitar danau, masyarakat sekitar mejajakan makanan dan minuman dengan harga terjangkau, ada juga yang menyewakan tikar kepada pengunjung dengan harga Rp 10.000-Rp 20.000 tergantung ukuran tikar yang mau di sewakan oleh pengunjung.

Related posts

Leave a Comment