Goa Gajah

goa gajah

Objek Wisata Goa Gajah

Goa Gajah adalah salah satu objek wisata yang ada di Bali dan ramai di kunjungi oleh wisatawan saat berlibur diBali. Gua ini befungsi untuk tempat ibadah dan gua ini terletak di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatu, Kabupaten Gianyar, Bali. Berjarak kurang lebih 27 km dari Denpasar.

Sejarah penemuan Goa Gajah berawal dari laporan pejabat Hindia Belanda, LC. Heyting pada tahun 1923 yang menemukan arca Ganesha,Trilingga serta arca Hariti kepada pemerintah Hindia Belanda. Hal tersebut langsung di tindak lanjuti oleh Dr. WF. Stuterhiem untuk mengadakan penelitian lanjut pada tahun 1925.

Pada tahun 1950, J.L Krijgman melakukan penelitian dan penggalian pada tahun 1954 sampai tahun 1979 dan di temukan tempat petirtaan kuno dengan 6 buah patung wanita dengan pancuran air di dada dan sampai sekarang keberadaanya bisa dipercaya bisa memberikan vibrasi penyucian aura bagi pengunjung.

Pada tahun 1931 Mr. Conrat Spies menemukan peninggalan yang cukup penting di komplek “tukad pangkung” berupa stupa bercabang tiga yang terpahat pada dinding batu yang telah runtuh tergeletak didasar tukad pangkung.

Goa Gajah ini memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang ke tempat ini. Tempat ini di kelilingi pepohonan hijau yang rindang, sehingga suasananya sangat sejuk dan asri. Komplek objek wisata ini secara keseluruhan dapat kita lihat dari tangga.

goa gajah

Pada saat menuruni anak tangga akan terdengar gemericik suara air yang mengalir dari pancuran arca. Bebatuan bekas bangunan yang dulunya hancur akibat gempa, juga ditemukan di sekitar pancuran. Sedangkan Goa Gajah Giayar sendiri, letaknya tidak jauh dari pancuran arca tersebut.

Pintu untuk masuk melalui goa hanya bisa dilalui oleh satu orang. diluarnya terdapat ukiran dan 2 patung penjaga. Bagian dalam goa berbentuk huruf T, dengan tinggi sekitar 2 meter dan lebar 2 meter. Pada ujung barat lorong terdapat Arca Ganesha dan ujung timur lorong terdapat 3 lingga.

Di sekitar area goa juga terdapat patung petirtaan dengan tujuh patung widyadara–widyadari yang sedang memegang air suci. Total patungnya ada tujuh, yang merupakan symbol dari tujuh sungai di India, tempat kelahiran agama Hindu dan Budha.

Untuk harga tiket masuk dikenakan biaya Rp 15.000 per orang dan untuk biaya parkir mobil Rp5.000 per mobil, biaya parkir motor sama dengan biaya parkir mobil.

Related posts

Leave a Comment