Gunung Bromo Jawa Timur

gunung bromo

gunung bromo

Keindahan Gunung Bromo Jawa Timur

Gunung Bromo adalah gunung berapi aktif yang ada di Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 meter diatas permukaan laut dan berada dalam empat wilayah kabupaten , diantaranya Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang.

Gunung ini memliki garis tengah lebih kurang 800 meter utara- selatan dan lebih kurang 600 meter timur-barat. Sedangkan daerah bahayanya berupa linkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah bromo.

Bagi masyarakat suku Tengger, Gunung Bromo di percayai sebagai gunung suci. Oleh karena itu masyarakat setiap setahun sekali mengadakan upacara Yadnya Kasada atau Kasodo.

Upacara ini diadakan di sebuah pura yang berada di bawah kaki GUnung Bromo dan dilanjurkan ke puncak Bromo. Upacara ini diadakan pada tengah malam hingga dini hari setiap bulan purnama sekitar tanggal 14 atau 15 di bulan Kasodo (kesepuluh) menurut penanggalan Jawa.

Untuk perjalanan ke Gunung Bromo bisa terbilang berat karena medan yang harus di tempuh tidak bisa di lalui oleh kendaraan roda 4 biasa dikarenakan jalan turunan dari penanjakan kearah lautan pasir sangatlah curam.

Jika kendaraan tidak bisa melewati jalanan yang curam kita bisa menyewa mobil jeep yang disediakan oleh pengelola wisata, kita bisa juga berjalan kaki untuk menuju ke lokasi Gunung Bromo.

gunung bromo

Apabila kita melalui pintu utara dari arah sebelum masuk probolinggo yaitu pada daerah Tongas, kita akan menuju desa cemoro lawang sebelum turun menuju lautan pasir maka tidaklah terlalu berat dikarenakan turunan dari lerengnya tidaklah terlalu curam sehingga sepeda motor pun dapat melaluinya.

Kebanyakan para wisatawan yang ingin mudah mencapai lautan pasir melewati jalur ini. Namun bila anda ingin menyaksikan sunrise yang sering ditampilkan di foto – foto, yang banyak difoto dari puncak penanjakan maka anda lebih praktis melewati jalur pintu barat.

Lautan pasir adalah andalan wisata dari Gunung Bromo, dialam pegunungan yang sejuk kita dapat melihat padang pasir dan rerumputan yang luas. Dan ada lagi yang paling di tungu- tunggu wisatawan adalah pada saat melihat matahari terbit dan matahari terbenam kita dapat melihatnya dengan sangat jelas dan sangat indah.

Related posts

Leave a Comment