Gunung Dempo

gunug dempo

gunug dempo

Keindahan Gunung Dempo Sumatera selatan

Gunung dempo terletak diperbatasan provinsi Sumatera Selatan dan provinsi Bengkulu tepatnya di kota dingin penghasil kopi robusta yang terkenal enak, yaitu kota pagaralam.

Untuk jarak tempuh dari kota Palembang ke Gunung Dempo memakan waktu sekitar 7 jam jauhnya perjalanan yang harus di tempuh. Kota Pagaralam dikelilingi oleh Pegunungan Bukit Barisan dan yang tertinggi adalah Gunung Dempo.

Pada hari-hari biasa di Gunung Dempo dapat ditemui banyak orang yang sengaja naik kepuncak untuk mencari kayu atau sekedar berhiking.

Gunung ini juga terdapat air jernih yang dapat di temui sampai setengah perjalanan, sehingga para pendaki tidak perlu khawatir kehabisan air minum selama perjalanan melakukan pendakian.

Sebuah sungai kecil yang jernih mengalir di perbatasan hutan yang berarti pertanda kita sudah memasuki daerah hutan yang di tumbuhi dengan tumbuhan yang mirip seperti kita temui di gunung Gede Pangrango, yaitu hutan Montana.

Setelah melakukan empat atau lima jam perjalanan kita akan memasuki daerah dengan vegetasi tumbuhan berpohon rendah dan beberapa daerah agak terbuka, pandangan pun menjadi luas.

Pendakian ke puncak utama tidak terlalu sulit. Lerengnya terdiri dari kerikil dan bebatuan dengan kemiringan lereng sekitar 40 derajat. Cukup stabil untuk didaki oleh wisatawan.

gunug dempo

Puncak utama Gunung Dempo merupakan kawah gunung berapi yang masih bergejolak dengan diameter sekitar seratus meter persegi. Dinding kawah cukup terjal dan tidak mungkin bisa di turuni tanpa peralatan yang memadai.

Setelah sampai kepuncak kita bisa menikmati pemandangan yang sangat indah, memandang daratan bengkulu menghadap arah selatan. Dari atas puncak kita juga bisa melihat provinsi bengkulu dengan hamparan lembah yang sunyi dan hening.

Perjalanan turun hanya memakan waktu sekitar dua jam jika perjalanan yang ditempuh berlari. Dan kami sarankan untuk turun dari gunung tersebut lebih di utamakan keselamatan dan berhati-hati yang akan memakan waktu lebih lama sekitar lima atau enam jam perjalanan.

Bila anda tidak bisa kembali kekota maka anda bisa menginap di dusun IV dengan meminta izin kepada kepala keamanan disana. kami sarankan jika anda belum pernah melakukan pendakian anda bisa menyewa jasa guide yang bisa anda dapatkan di Kp 1 Gunung Dempo.

Related posts

Leave a Comment