Gunung Ijen

kawah ijen

kawah ijen

Gunung Ijen (Kawah Ijen) Banyuwangi

Gunung Ijen adalah sebuah gunung berapi yang aktif yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. kawah atau danau terletak pada ketinggian 2.443 meter diatas permukaan laut. Kawah ini terkenal dengan fenomena blue fire atau api biru yang muncul pada malam hari, tepatnya dini hari sekitar jam dua sampai dengan pukul empat.

Untuk mencapai kawah Gunung Ijen, kita bisa berangkat menggunakan kereta api ekonomi dengan tujuan bayuwangi dan turun di Stasiun Karangasem kemudian naik ojek dengan tujuan Kecamatan Licin dan Desa Banyusari. Dari sini perjalanan di lanjutkan menuju Paltuding dengan menumpang truk atau menggunakan bus dan turun di kota Bayuwangi.

Pintu gerbang utama ke Cagar Alam Taman Wisata Kawah Ijen teletak di Paltuding, yang juga merupakan Pos PHPA (Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam). Jika anda ingin memilih alternatif lain bisa melalui Bondowoso – Wonosari – Tapen – Sempol – Paltuding.

Fasilitas yang tersedia di tempat ini antara lain pondok wisata dan warung yang menjual keperluan pendakian ke puncak gunung. Dari Paltuding kita berjalan kaki dengan jarak sekitar 3 km. Lintasan awal sejauh 1,5 km cukup berat karena perjalanan menanjak.

Selain menanjak, struktur tanahnya juga berpasir sehinga semakin berat perjalanan yang di lalui. Kita dapat beristirahat di pos Bunder, setelah cukup beristirahat kita dapat melanjutkan perjalanan kembali. Dalam perjalanan kita dapat melihat keindahan deretan pegunungan yang menjadi pemandangan yang sangat indah.

kawah ijen

Kawah Ijen memiliki tingkat keasaman tertinggi di dunia. Air yang sangat asam ini berwarna hijau tosca dengan kandungan sulfur yang sangat tinggi. Asap yang muncul di puncak kawah sangat beracun Oleh karena itu, para pengunjung diharapkan agar selalu berhati-hati.

Untuk biaya tiket wisatawan asing di kenakan tarif Rp 100.000 dan pada hari libur di kenakan tarif Rp 150.000. Sedangkan untuk wisatawan lokal pada hari biasa di kenakan tarif Rp 5.000 sedangkan pada hari libur di kenakan tarif Rp 7.500. Anda juga bisa menyewa peralatan pendakian di tempat ini.

Related posts

Leave a Comment