Istana Maimun

istana maimun

istana maimun

Wisata Ke Istana Maimun Di Sumatera Utara

Istana Maimun adalah istana Kesultanan Deli yang merupakan salah satu ikon kota medan, yang terletak di jalan Brigadir Jenderal Katamso.

Bangunanya di desain oleh arsitek Italia dan di bangun oleh Sultan Deli, Sultan Mahmud Al Rasyid. Pembangunan istana ini dimulai dari tanggal 26 Agustus 1888 dan selesai pada tanggal 18 Mei 1891.

Istana Maimun ini memiliki luas sebesar 2.772 m dan 30 ruangan dan bangunan ini terdiri dari 2 lantai. Isatana ini memiliki 3 bagian yaitu bangunan induk, bangunan sayap kiri dan bangunan sayap kanan.

Bangunan ini menghadap ke Utara dan pada sisi depan bangunan terdapat Masjid Al-Mashun yang di kenal dengan sebutan Masjid Raya Medan.

Warna kuning yang mendominasi bangunan tersebut melambangkan warna Melayu, sekaligus warna kebesaran kerajaan Deli di Sumatera Utara. sedangkan untuk bangunannya juga mengandung unsur eropa yang bisa kita lihat dari ornamen lampu, kursi, meja, lemari, sampai pintu dorong dan tidak ketinggalan juga bentuk pintu dan jendelanya lebar-lebar mirip dengan bangunan yang ada di Eropa.

Untuk tiket masuk kedalam istana di kenakan Rp 5.000 saja. Di dalamnya terdapat peninggalan kerajaan Deli serta singgasana rajanya, benda-benda bersejarah yang tidak ternilai harganya.

Yang menariknya ada bangunan kecil beratap ijuk di sisi kanan istana. Di sana tersimpan Meriam puntung yang disebut juga meriam buntung. Menurut legenda Meriam Puntung adalah penjelmaan dari adik Putri Hijau dari kerajaan Deli Tua yang bernama Mambang Khayali.

istana maimun

Mambang Khayali berubah menjadi meriam demi mempertahankan istana dari serbuan Raja Aceh yang di tolak pinanganya oleh Putri Hijau. Akibat laras meriamnya yang terlalu panas karena menembak terus menerus, akhirnya meriam pecah menjadi dua bagian.

menurut cerita yang beredar di masayarakat Ujung meriam yang pecah melayang dan jatuh di kampung sukanalu, Kecamatan Barus Jahe, Tanah Karo. sedangkan bagian lainnya disimpan pada bangunan kecil disisi kanan istana Maimun.

Jika anda berada di medan anda bisa berkunjung ke istana tersebut untuk menambah wawasan dan melihat peninggalan bersejarah yang ada di istana Maimun.

Related posts

Leave a Comment