Karimunjawa Jawa Tengah

karimun jawa

karimun jawa

Keindahan Bawah Air Karimunjawa Di Jawa Tengah

Karimujawa adalah sebuah kepulauan yang terletak di pulau Jawa merupakan sebuah Kecamatan di Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Karimunjawa terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya yang masih alami.

Pulau ini memiliki luas daratan lebih kurang 1.500 hektar dan perairan lebih kurang 110.000 hektar. Pulau ini kini dikembangkan menjadi wisata taman laut yang mulai banyak digemari oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Berdasarkan legenda yang beredar, Pulau Karimunjawa ditemukan oleh Sunan Muria. Legenda ini berkisah tentang Sunan Muria yang prihatin atas kenakalan putranya yang bernama Amir Hasan.

Sunan Muria bermaksud mendidik anaknya dengan memrintahkan putranya untuk pergi ke sebuah pulau yang nampak kabur dari puncak Gunung Muri agar si anak dapat memperdalam dan mengembangkan ilmu agamanya. Karena tampak “Kremun-Kremun” maka dinamakanlah pulau tersebut dengan nama Pulau Karimun.

Pulau ini adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, diantaranya ada 242 jenis ikan hias dan beberrapa fauna langka seperti Elang Laut Dada Putih, Penyu Sisik dan Penyu Hijau.

Kepulauan ini terdiri dari pulau utama dan beberapa pulau kecil yang mengelilinginya. Sebagai kawasan taman nasional, kepulauan Karimunjawa memiliki pesona wisata yang sangat indah.

Wisata bawah laut yang dimiliki oleh kepulauan ini sangat bagus karena air yang jernih sangat mendukung untuk wisatawan melakukan snorkeling. Karena keindahannya kepulauan ini dijuluki sebagai “The Paradise Of Java”.

karimun jawa

Banyak kegiatan yang dapat di lakukan di kepulauan ini salah satunya snorkeling bersama ikan-ikan kecil yang ada di kepulauan ini, anda juga bisa bermain pasir atau berenang di kepulauan ini dan masih banyak lagi kegiatan yang bisa kita lakukan di Pulau Karimunjawa ini.

Untuk pergi kepulau ini kita bisa menggunakan kapal dari semarang dan jepara. Dari pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Kapal kartini 1(kapal cepat) berangkat setiap hari Sabtu pukul 9 pagi ke Karimunjawa dan kembali dari Karimunjawa setiap Minggu siang.

Semoga artikel yang kami berikan dapat bermanfaat untuk anda yang ingin mencoba berwisata ke kepulauan karimunjawa.

Related posts

Leave a Comment