Kawasan Wisata Danau Singkarak

Danau Singkarak

Danau Singkarak

Kawasan Wisata Danau Singkarak Daerah Sumatera Barat

Danau Singkarak merupakan danau terluas kedua di Indonesia setelah Danau Toba, Danau singkarak terletak di kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat berjarak sekitar 70 km dari kota Padang.

Danau singkarak memiliki luas 107,8 km². terletak pada ketinggian 363,5 meter diatas permukaan laut. Luas permukaan air danau sinkarak mencapai 11.200 hektar dengan panjang mencapai 20 km dan lebar 6,5 km dan kedalaman 268 meter.

Air danau ini juga dimnanfaatkan sebagai sumber tenaga PLTA Singkarak di Lubuk Agung, dialirkan melalui terowongan panjang menembus bukit barisan sampai kelokasi PLTA.

Jika anda berangkat dari kota Padang, ada beberapa alternatif angkutan yang bisa di gunakan ke danau singkarak:

  • Anda dapat menggunakan angkutan mini bus. Anda bisa naik minibus dari i pool mobil Jasa Malindo, lalu naik minibus ke kota Solok. Lalu disambung naik angkot ke arah Singkarak Tembok dan Tikakak.
  • Menggunakan mobil travel ataupun sewa mobil langsung dari Padang. Alternatif ini tentunya akan lebih nyaman untuk anda.

Danau singkarak merupakan tempat tujuan wisata favorit di Sumatera Barat yang tidak pernah sepi pengunjung, karena untuk keindahan pemandangan Danau Singkarak tidak diragukan lagi dan pesonanya pun menjadi pemikat untuk wisatawan berkunjung ke daerah wisata tersebut.

Danau Singkarak

selain bisa menyaksikan keindahan Danau Singkarak anda juga bisa mencicipi
makanan khas yang ada disana, makanan khas disana adalah ikan bilih. Ikan bilih adalah salah satu jenis ikan yang terdapat di daerah tersebut.

Konon ikan tersebut tidak dapat di budidayakan karena ikan bilih hanya bisa hidup di Danau singkarak dan tidak bisa hidup di kolam lain selain di Danau singkarak.

Selain menyaksikan keindahan alam di Danau singkarak anda juga bisa melakukan kegiatan lain seperti memancing, berenang, naik sampan atau ikut menangkap ikan bersama nelayan.

Jadinya anda tidak akan cepat bosan selama liburan disana karena banyaknya aktivitas yang bisa di lakukan disana, sekian ulasan dari kami tentang tempat wisata Danau Singkarak. Semoga ulasan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi anda dalam menentukan tujuan tempat wisata anda selama berlibur.

Related posts

Leave a Comment