Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Museum Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Kraton Yogyakarta adalah istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang berlokasi di jantung kota Yogyakarta. Kompleks bangunan keraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan dan rumah tangga istananya yang masih menjalankan tradisi kesultanan hingga saat ini.

Keraton ini merupakan salah satu objek wisata di kota Yogyakarta. Sebagian kompleks keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan.

Kraton ini didirikan oleh sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1755. Dahulu keraton ini merupakan tempat pesanggarahan yang bernama Garjitawati. Pesanggrahan ini digunakan untuk istirahat iring-iringan jenazah raja-raja Mataram yang akan di kebumikan.

kraton YogyakartaHadiningrat berada tepat di sebelah selatan Alun-alun Utara kota Yogyakarta atau hanya berjarak kurang lebih 50 meter dari Jalan Malioboro yang saat ini sudah berganti nama menjadi jalan Margo Mulyo.

Jika kita menggunakan transportasi kereta api, kita bisa turun ke satsiun Tugu lalu berjalan lurus ke arah selatan melewati perempatan Jalan Malioboro sampai bertemu dengan lapangan luas yang tidak lain adalah Alun-alun Utara.

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Wisatawan bisa datang ketempat Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat setiap hari dari jam 08.00 – 14.00 wib. Tetapi khusus hari jumat wisata kraton Jogja dibuka dari jam 08.00 – 12.00 wib. Untuk harga tiket masuk ke museum ini di kenakan tarif sebesar Rp 7.000 per orang untuk wisatawan lokal dan sedangkan untuk wisatawan asing di kenakan tarif Rp 12.500 per orang.

Di tempat ini kita dapat menikmati barang bersejarah koleksi keraton yogyakarta dari dekat seperti koleksi lukisan yang tegantung di beberapa tempat, benda pusaka seperti keris, tombak di lengkapi dengan nama-namanya, perangkat musik seperti gamelan dan gong.

Kita juga dapat menyaksikan pergelaran seni yang di gelar setiap hari untuk wisatawan yang berkunjung berikut jadwal-jadwalnya:
Senin dan Selasa: Musik gamelan (mulai jam 10.00 wib)
Rabu: Wayang golek menak (mulai jam 10.00 wib)
Kamis: Pertunjukan tari (mulai jam 10.00 wib)
Jumat: Macapat (mulai jam 09.00 wib)
Sabtu: Wayang kulit (mulai jam 09.30 wib)
Minggu: Wayang orang & pertunjukan tari (mulai jam 09.30 wib)

Related posts

Leave a Comment