Lebih Mengenali Budaya Indonesia Melalui Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

TMII

TMII

Taman Mini Indonesia – Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan suatu kawasan taman wisata yang bertema budaya Indonesia yang terletak di Jakarta Timur. Taman ini memiliki area seluas 150 hektare atau 1,5 kilometer persegi.

Taman ini merupakan salah satu tempat wisata yang mengenalkan kebudayaan bangsa Indonesia yang mencakup berbagai asperk kehidupan sehari-hari masyarakat 26 provinsi Indonesia yang ditampilkan dalam anjungan daerah berasitektur tradisional, serta menampilkan busana, tarian, dan tradisi daerah.

di tengah-tengah TMII terdapat sebuah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia di bagian tengahnya, kereta gantung, berbagai museum dan teater IMAX Keong Mas dan Teater Tanah Airku.

Pembangunan TMII merupakan gagasan dari ibu negara, Siti Hartinah, yang lebih dikenal dengan sebutan ibu Tien Soeharto. Gagasan ini tercetus pada suatu pertemuan di jalan Cendana no. 8 Jakarta pada tanggal 13 Maret 1970.

TMII

Melalui miniatur ini diharapkan masyarakat Indonesia bisa mengenali dan membangkitkan rasa bangga dan rasa cinta tanah air pada seluruh bangsa Indonesia. Maka mulailah suatu proyek yang disebut proyek Miniatur Indonesia Indah, yang dilaksanakan oleh Yayasan Harapan kita.

TMII mulai dibangun pada tahun 1972 dan diresmikan pada tanggal 20 April 1975. Berbagai aspek kekayaan alam dan budaya Indonesia sampai pemanfaatan teknologi modern diperagakan di areal seluas 150 hektare.

Logo TMII yang pada intinya terdiri atas huruf TMII, singkatan dari Taman Mini Indonesia Indah. Sedangkan maskotnya adalah tokoh wayang Hanoman yang dinamakan NITRA(Anjani Putra). Maskot TMII diresmikan penggunaannya oleh ibu Tien Soeharto, bertepatan dengan dwi windu usia TMII, pada tahun 1991.

Di Indonesia, hampir setiap suku bangsa memiliki bentuk dan corak yang berbeda, bahkan ada satu suku bangsa yang memiliki lebih dari satu jenis bangunan tradisional. Di TMII, gambaran tersebut diwujudkan melalui anjungan daerah, yang mewakili suku-suku bangsa yang berada di 33 Provinsi Indonesia.

TMII

Anjungan provinsi ini dibangun disekitar danau dengan miniatur kepulauan Indonesia dan dibagi menjadi enam zona, yaitu Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

Setiap anjungan menampilkan bangunan khas setempat dan juga menampilkan baju dan pakaian adat, busana pernikahan, baju tari, serta artefak etnografi seperti senjata khas dan perabot sehari-hari, model bangunan dan kerajinan tangan.

Dengan adanya anjungan yang dibangun dapat memberi informasi lengkap mengenai cara hidup tradisional berbagai suku bangsa di Indonesia. Setiap anjungan provinsi juga dilengkapi panggung, amfiteater atau auditorium untuk menampilkan berbagai tarian tradisional, pertunjukan musik daerah, dan berbagai upacara adat yang ada di setiap daerah.

TMII

Bagi anda yang ingin mengenal lebih dalam mengenai suku dan kebudayaan Indonesia bisa langsung mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Leave a Comment