Pantai Bandealit

pantai bandealit

pantai bandealit

Keindahan Dan Pesona Pantai Bandealit

Pantai Bandealit terletak di taman nasional Meru Betiri, Jember. Taman ini dikenal sebagai hutan tropis dataran rendah. Taman Nasional ini memiliki beragam kekayaan aneka ragam hayati dan keindahan pantainya. Pantai ini berjarak sekitar 35 km ke arah selatan dengan waktu perjalanan sekitar 1 jm 15 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Sementara jika dari Kecamatan Genteng Banyuwangi, Pantai Bandealit berjarak sekitar 96,9 km atau sekitar 2,5 jam waktu perjalanan. Untuk rutenya jika kita dari surabaya kita bisa melewati kota jember untuk selanjutnya mengarah ke Kecamatan Tempurejo dan berakhir di Desa Andongrejo.

Di daerah ini tidak ada angkutan umum dan anda bisa berangkat menggunakan kendaraan pribadi maupun menyewa kendaraan. Daya tarik utama pantai ini adalah alamnya yang masih alami dengan udara yang masih segar dan asri. Pantai ini memiliki kawasan hutan lindung yang semakin menambah kesejukan pantai.

Kealamian pantai Bandealit dapat terlihat dari kebersihan pantai yang sangat terjaga sehingga air laut yang nampak begitu jernih. Ombak di pantai ini sangat tenang dan teratur sehingga aman untuk bermain-main di pantai ini. Selain bermain air, pengunjung juga bisa melakukan sejumlah olahraga air mulai dari berenang, body board, jet ski, hingga berselancar angin.

Suasana Pantai Bandealit yang masih sepi dan tenang, sangat pas untuk pengunjung yang ingin menenangkan diri sambil menikmati keindahan pantai. Jika anda ingin menikmati sajian ikan segar bakar, anda bisa langsung membelinya dari para nelayan yang ada di sana.

pantai bandealit

Tak jauh dari lokasi pantai, tepatnya di sisi Timur, terdapat teluk dan muara sungai yang luas dengan perairan payau. Pengunjung yang menyukai aktivitas memancing bisa melakukannya disini dan menangkap ikan-ikan segar yang berukuran besar.

Muara sungai ini cukup unik karena di musim kemarau volume air akan naik dan terjadi hal sebaliknya di musim penghujan. Karenanya di musim kemarau banyak pengunjung yang bermain speedboat dan berkano di sana. Tak jauh dari muara sungai terdapat hutan mangrove seluas 8 hektar yang menjaga pantai dari abrasi.

Pengunjung yang suka melakukan trekking bisa menuruni tebing Gunung Sodung. Salah satu tebing yang ada di gunung ini memiliki ketinggian 100 meter dari permukaan laut. Puncak tebing ini memiliki pemandangan yang indah dari Pantai Bandealit.

Jika pengunjung manaiki 100 meter lagi maka akan mendapati goa jepang lengka dengan benteng pertahanannya. Goa tersebut terbuat dari batu ini menjadi tempat para tentara Jepang mengintai kedatangan musuh. Jika anda sudah puas berkeliling anda bisa beristirahat sambil menikmati indahnya matahari terbenam.

Related posts

Leave a Comment