Pulau Sempu

pulau sempu

pulau sempu

Perjalan Ke Pulau Sempu Tempat Wisata Jawa Timur

Pulau sempu adalah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa, berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pulau ini di tumbuhi pepohonan tropis seluas 877 hektar dan merupakan cagar alam di Indonesia. Tempat ini diakui sebagai cagar alam sejak tahun 1928 pada masa pemerintahan Hindia Belanda.

Pulau ini memiliki berbagai macam ekosistem mulai dari hutan pantai, hutan bakau, dan hutan tropis dataran rendah yang mendominasi seluruh pulau. Tanaman dan pohon yang terdapat di pulau ini antara lain bendo (Artocarpus elasticus), triwulan (Terminalia), wadang (Pterocarpus javanicus), ketapang (Terminalia catappa), waru laut (Hibiscus tiliaceus), pandan (Pandanus tectorius), Mangrove (Rhizophora mucronata dan Rhizophora apiculata) dan sebagainya.

Nama Sempu diambil dari nama salah satu jenis pohon yang di temukan di pulau itu dan pohon tersebut hampir sulit di temukan di pulau saat ini. Sebagai cagar alam, Pulau Sempu terlarang dikunjungi untuk tujuan wisata . Tetapi kenyataannya, Pulau Sempu masih saja diperbolehkan untuk kegiatan wisata oleh pihak pengelola yang tentunya bertolak belakang dengan status Pulau Sempu.

Untuk mencapai pulau ini, kita dapat bertolak dari Pantai Sendang Biru menggunakan perahu dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki tempat tersebut. Kita dapat melihat kecantikan air biru yang tenang dan di campur dengan pemandangan pasir putih yang memiliki luas lebih kurang empat hektar yang ada di pulau tersebut.

Jika kita berangkat dari kota Malang, perjalanan akan memakan waktu sekitar dua jam untuk sampai ke pantai Sendang Biru yang merupakan titik tolak ke Pulau Sempu. Ketika sampai di pantai ini, kita di wajibkan melapor ke Resort Konservasi Wilayah Pulau Sempu dan membawa surat izin masuk kawasan konservasi dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam di sana agar dapat memasuki kawasan Pulau Sempu.

pulau sempu

Kami sarankan untuk mencapai pantai ini di pagi hari karena perjalanan untuk mencapai Pulau Sempu akan cukup memakan waktu. Kita bisa menyewaperahu nelayan dengan kapasitas maksimal 10 orang. Tarif yang ditetapkan adalah sekitar 150.000 Rupiah. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 15 menit untuk mencapai Pulau Sempu. Jangan lupa juga untuk meminta nomor ponsel sang nelayan untuk minta dijemput setelah anda puas bermain.

Setelah kita samapai di Teluk Semut yang merupakan bagian dari Pulau Sempu. Kita dapat bertolak langsaung menuju Segara anakan dengan perjalanan selama dua jam menembus hutan. Perjalan yang dilalu cukup berat karena kita akan melintasi perjalanan yang curam di beberapa lokasi dan selain itu ketika musim hujan jalanan akan becek dan licin.

Untuk pergi berwisata ketempat ini anda bisa pergi dibulan juli dan agustus sewaktu musim kering dan jangan lupa untuk membawa bekal makanan dan minuman yang cukup, karena di tempat ini tidak ada sumber air tawar yang bisa kita minum.

Selama perjalanan kita akan di temani oleh seorang pemandu dari Badan Konservasi. Semua pengunjung yang berwisat ke tempat ini akan tetap didampingi oleh pemandu karena di Pulau ini masih terdapat binatang liar yang menghuni pulau ini seperti babi hutan, macan dan jaguar.

pulau sempu

Setelah perjalanan yang cukup panjang kita akan memasuki Segara Anakan, pandangan yang akan kita lihat adalah beningnya air yang yang menghampar, dengan pasir putih dan karang-karang yang mengelilingi, membuat laguna ini terlihat seperti pantai pribadi yang dapat Anda nikmati bersama sahabat dan keluarga Anda.

Kita dapat berenang di air yang tenang, kita juga dapat bermalam untuk menikmati keindahan alam dan ketenangan di Segara Anakan. Di anjurkan untuk membawa bekal makanan dan minuman yang cukup jika anda ingin berkemping di tempat ini.

Related posts

Leave a Comment