Salju Panas Dolok Raja Tinggi

Salju Panas Dolok Raja Tinggi

Tempat Wisata Salju Panas Dolok Raja Tinggi

Salju Dolok Raja Tinggi adalah sebuah objek wisata alam yang berada di Desa Dolok Merawan, Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara. Kawasan ini sudah di lindungi pada tahun 1924 melalui keputusan raja-raja Simalungun.

Tempat wisata ini merupakan kawasan cagar alam seluas 176 hektar sementara luas Kawah Salju Dolok Tinggi Raja mencapai 4 hektar yang berada di kawasan hutan hujan tropis dataran rendah yang subur dan hijau dengan komposisi pohon yang beraneka ragam

Kawasan ini didominasi oleh Meranti, Kenari, Malu tua, Anggrek, Kantung Semar dan Pandan di tengah tengah kawasan hutan dengan pohon-pohon tinggi dan lebat.

Walaupun perjalanan menuju kawasan wisata ini cukup sulit namun wisatawan akan di buat takjub jika memandang pesona keindahan Salju Panas Dolok Tinggi Raja dimana bukit kapur dan aliran air panas menyatu membuat hamparan yang menyerupai salju karena sangat indah dan menakjubkan.

Di tempat ini para wisatawan bisa melakukan aktivitas mandi di kolam di bagian bawah kawah atau menikmati pemandangan yang ada di kawah tersebut. Wisatawan bisa juga menikamti makanan dan minuman di pondok yang didirikan oleh warga setempat.

Objek wisata ini masih jarang terekspos, wisatawan lebih mengenal tempat ini dengan nama Kawah Putih Tinggi Raja. Untuk menuju ke daerah ini dibutuhkan waktu lebih kurang 3 jam perjalan dari medan.

Salju Panas Dolok Raja Tinggi
Salju Panas Dolok Raja Tinggi

Untuk perjalanan kita akan mdelewati Lubuk Pakam, Dolok Masihul, Galang, dan Bangun Purba. Dan wisatawan juga harus bersiap menghadapi jalan yang beraspal penuh bebatuan saat akan mendekati kawasan putih sepanjang 10 kilometer. Tetapi tempat ini selalu ramai di kunjungi wisatawan sewaktu hari libur.

Untuk memasuki objek wisata, wisatawan tidak perlu membeli tiket masuk. Anda hanya oerlu membayar parkir mobil sebesar Rp 5.000 saja. Dari tempat parkir anda hanya perlu berjalan sepanjang 200 meter untuk sampai ke kawasan kawah putih.

Selamat mencoba tempat wisata yang kami rekomendasikan kepada anda dan semoga dapat mengisi hari libur anda bersama keluarga anda.

Related posts

Leave a Comment