Taman Lumbini

taman lumbini

taman lumbini

Taman Lumbini Sumatera utara

Taman Lumbini terletak di Desa Tongkoh, Kecamatan Dolatrayat, Kabupaten Karo. Taman ini berada 50 km dari Medan. Untuk perjalanannya memakan waktu sekitar 2 jam jika berangkat dari Medan.

Untuk masuk kekawasan Taman Alam Lumbini kita tidak akan di pungut biaya tiket masuk bagi pengunjung yang ingin memasuki taman tersebut. Pengunjung hanya di minta untuk mengisi buku tamu yang terdapat di gerbang masuk.

Taman Alam Lumbini memiliki luas sekitar 3 hektar, taman ini sudah dilenkapi dengan fasilitas penunjang yang akan menyamankan wisatawan yang berkunjung di tempat ini.

Yang paling menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke taman ini adalah keberadaan replika Pagoda Shwedagon yang berada di Myanmar. Taman Lumbini adalah pagoda tertinggi di Indonesia. Pagoda ini telah di buka untuk umum pada tahun 2010.

Untuk menuju Pagoda ini, kita akan melewati sebuah jembatan gantung sebagai infrastruktur penyebrangan yang di padukan dengan puluhan lentera yang bergelantungan di bawah jembatan.

Jembatan gantung yang memiliki panjang 20 meter ini di kenal dengan nama Titi Lumbini. Di bawah jembatan ini memiliki taman yang indah, karena di tata dengan menarik, udara yang ada di taman ini juga sangat sejuk karena taman ini di kelilingi oleh hutan.

Sesampainya di area Pagoda anda akan merasa seperti berada di Pagoda Shwedagon yang sangat indah dan megah. Pagoda di taman ini memiliki relief-relief unik dan patung-patung Buddha menghiasai bagunan utama pagoda ini.

taman lumbini

Disebelah kiri bangunan utama Pagoda terdapat sebuah menara yang memiliki puncak berbentuk bekisar. Di bawahnya terdapat hiasan sulur berupa gelang-gelang emas sepanjang 1,5 meter.

Berada di sekitar pagoda ini membuat anda merasa seperti di luar negeri. Bagi anda yang tidak beragama Buddha bisa juga memasuki area Pagoda ini untuk berjalan-jalan maupun untuk berfoto.

Bagi anda yang beragama Buddha bisa sembayang di dalam Pagoda ini. Untuk memasuki ruangan didalam Pagoda anda di wajibkan melapaskan sepatu atau sandal yang anda pakai dan tidak boleh berfoto didalam ruangan Pagoda Taman Lumbini serta tidak boleh membawa makanan atau minuman di dalam area ini.

Related posts

Leave a Comment