Taman Nasional Komodo

pulau komodo

pulau komodo

Keindahan Taman Nasional Komodo

Pada tahun 1980 taman nasional ini didirikan untuk melindungi Komodo dan habitatnya. Di tempat ini terdapat 277 spesies hewanyang merupakan perpaduan dari hewan yang berasal dari Asia dan Australia.

Taman Nasional komodo terletak di provinsi Nusa Tenggara dan Nusa Tenggara Barat. Taman nasional ini terdiri atas tiga pulau besar Pulau komodo, Pulau rinca dan Pulau Padar serta beberapa pulau kecil.

Kawasan ini juga terdapat terumbu karang, terdapat 253 spesies karang yang terdapat disana dengan sekitar 1.000 spesies ikan. keindahan terumbu karang di pulau ini menarik wisatawan asing untuk bernang atau menyelam di perairan ini.

Daya tarik lainnya adalah reptil raksasa purba Biawak Komodo yang hidup di pulau ini. Banyak wisatawan yang datang ke pulau ini untuk melakukan snorkeling, diving,kano, bersampan dan memancing.

Jika anda ingin menginap di pulau ini, anda bisa bercamping dan melakukan kegiatan olahraga hiking. Mengunjungi Taman Nasional Komodo dan menikmati pemandangan alam yang sangat menawan merupakan pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.

Sebelum memasuki Pulau Komodo anda akan memasuki pintu masuk Loh Liang. Anda juga dapat melakukan kegiatan pengamatan satwa komodo, rusa, babi hutan, dan anda bisa juga melakukan pengamatan burung di tempat ini.

Pulau Komodo memiliki Pantai Merah yang merupakan pantai dangkal yang indah dengan terumbu karang yang menawan. Di pantai ini wisatwan bisa melakukan aktivitas snorkeling, diving dan berjemur matahari.

pulau komodo

Para wisatawan juga dapat berkunjung ke Loh Buaya di Pulau rinca yang ada di Pulau KOmodo. Pengunjung dapat menyaksikan hutam bakau, padang savana serta satwa liar misalnya Komodo, Rusa Timor, Kerbau Liar, Monyet Ekor Panjang, Kuda Liar serta berbagai jenis burung.

Fasilitas yang dimiliki Loh Buaya antara lain pondok wisata, cafetaria, shelter dan jalan setapak. Di pulau ini juga terdapat Pulau Kalong, yeng merupakan habitat bagi kelelawar, disini anda dapat melakukan pengamatan terhadap koloni kelelawar dalam jumlah yang cukup besar.

Dari puncak bukit yang dikenal dengan Golo Kode, pengunjung dapat menyaksikan panorama dan bentang alam yang cukup fantastik karena keterwakilan berbagai tipe ekosistem dapat disaksikan dari tempat ini.

Related posts

Leave a Comment