Tjong A Fie

tjong a fie

Wisata Rumah Tjong A Fie

Tjong A Fie adalah seorang pengusaha yang berasal dari negeri Tiongkok yang sukses membangun bisnis besar dalam bidang perkebunang di Sumatera, Indonesia. Tjong A Fie memiliki lebih dari 10.000 orang karayawan.

Karena kesuksesannya tersebut Tjong A Fie dekat dengan orang terpandang di Medan, diantaranya Sultan Deli, Ma’moen Al Rasyid serta pejabat-pejabat kolonial Belanda.

Kediaman Tjong A Fie yang berada di Jalan Ahmad Yani, Medan menjadi salah satu tempat wisata sejarah yang banyak di kunjungin oleh para wisatawan.

Tjong A Fie merupakan sosok yang paling berpengaruh dalam pembangunan kota Medan dari kalangan Tionghoa. Hal itu bukan tanpa alasan, Tjong A FIe merupakan bankir yang kaya raya dimasanya.

Ia menjadi penghubung antara pemerintah Hindia Belanda, Kesultanan Deli dan masyarakat medan hingga kekaisaran China.

Kediamannya di buka untuk umum pada tahun 2009, karena banyaknya rasa ingin tahu masyarakat dari luar maupun dalam negeri tentang kepribadian Tjong A Fie dalam membina keluarga, merangkul masyarakat kota Medan, dan hal-hal apa saja yang terjadi pada beliau hingga akhir masa hidupnya.

Untuk berwisata ke tempat ini anda hanya perlu membayar Rp 35.000 per orang untuk umum dan Rp 20.000 untuk pelajar. Biaya tersebut untuk penjaga dan pengurus yang membersihkan kediaman tersebut.

Di rumah ini kita dapat mengetahui sejarah kehidupan Tjong A Fie melalui foto-foto yang ada. Beliau merupakan tokoh yang suka mendokumentasikan setiap kegiatannya.

Mulai dari photo berkumpul dengan keluarga di ulang tahunnya hingga pernikahan dan pertemuan penting juga ia dokumentasikan. Ada juga lukisan serta perabotan rumah yang digunakan oleh keluarganya.

tjong a fie

Pengunjung yang datang dapat mempelajari budaya Melayu-Tionghoa dan koleksi perabotan di rumahnya.

Rumah tersebut di desain dengan gaya arsitektur penggabungan dari arsitek Tionghoa, Eropa, Melayu dan art-deco. Tjong A Fie banyak belajar dan memiliki orang dekat dari kalangan Melayu, oleh sebab itu ia juga mengadaptasi budaya Melayu ke perilaku serta memilih ornamen Melayu untuk arsitektur rumahnya.

Ruang tidurnya memiliki tempat tidur yang berbahan kayu dan bergaya klasik, memiliki tirai atau kelambu. Ada meja hias serta kursi santai,

Kediamannya juga memiliki ruang kumpul keluarga yang di penuhi banyak kursi yang juga berbahan kayu dan ruang tamu juga bergaya Melayu dengan dominasi warna kuning.

Jika anda masih penasaran, anda bisa langsung ke lokasi wisata rumah Tjong A Fie yang terletak di Jalan Ahmad Yani. Di sini anda juga bisa menambah wawasan anda.

Related posts

Leave a Comment